Senin, 12 Oktober 2020

RPP Matematika kelas X semester 1

Satuan Pendidikan : MA Al Ishlah
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/Gasal
Alokasi               : 4 JP/Pekan


A. TUJUAN
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasionalyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasionalyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN
· Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK) 
· Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) 
· Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan 
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

KEGIATAN INTI
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pertidaksamaan pecahan

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pertidaksamaan pecahan

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pertidaksamaan pecahan

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pertidaksamaan pecahan Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

C. PENUTUP
- Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar 
- Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat 
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa 


D. PENILAIAN

- Sikap : Lembar pengamatan, 
- Pengetahuan : LK peserta didik,
- Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

Untuk lebih lengapnya, silakan perhatikan lampiran RPP dibawah ini.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan berikan masukan pada postingan ini